Senin, 19 November 2012

Cisco ^^

Networking for Home and Small Businesses

 

1 Personal Computer Hardware


1.1 Personal Computers and Applications

Komputer memainkan peran yang semakin penting dan hampir sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer kini sudah di gunakan di seleruh dunia,komputer juga di gunakan di semua jenis lingkungan, dalam dunia pendidikan,bisnis,bahkan kesehatan dan di gunakan untuk keperluan lainnya.

Komputer di gunakan untuk bebagai alasan di berbagai tempat. mereka mungkin memiliki ukuran maupun daya proses yang berbada,tetapi semua komputer memiliki beberapa fitur yang sama

Agar kebanyakan komputer untuk melakukan fungsi yang berguna, ada tiga hal yang harus bekerja sama:

1. Hardware - komponen fisik, baik internal maupun eksternal, yang membentuk sebuah komputer.

2. Sistem Operasi - satu set program komputer yang mengelola perangkat keras komputer. Sebuah sistem operasi mengendalikan sumber daya pada komputer, termasuk memori dan penyimpanan disk. Contoh dari sistem operasi Windows XP.

3. Aplikasi Software - program dimuat pada komputer untuk melakukan fungsi tertentu menggunakan kemampuan komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata atau permainan komputer.

1.2 Local and Network Applications

Komputer hanya berguna sebagai program atau aplikasi di atasnya. Aplikasi dapat dibagi menjadi dua kategori umum:

Bisnis / Industri Software - Software yang dirancang untuk digunakan oleh industri tertentu atau pasar. Contoh meliputi: alat manajemen praktek medis, alat-alat pendidikan dan perangkat lunak legal.

Software Penggunaan Umum - Software yang digunakan oleh berbagai organisasi dan pengguna rumah untuk berbagai keperluan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh setiap bisnis atau individu.

Menggunakan perangkat lunak umum mencakup terintegrasi paket aplikasi yang dikenal sebagai Office Suites. Mereka biasanya termasuk aplikasi seperti word, spreadsheet pengolahan, penyajian database, dan email / kontak / manajemen jadwal.

Aplikasi populer lainnya termasuk software editing grafis dan aplikasi multimedia authoring. Alat-alat ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi foto serta membuat presentasi yang kaya media yang menggunakan suara, video dan grafis.

2 Types of Computers

2.1 Classes of Computers

Ada berbagai jenis komputer yang tersedia termasuk:

     mainframe
     server
     Desktops
     workstation
     laptop
     perangkat Genggam
portabel (PC Tablet)

Jenis yang paling umum dari komputer yang digunakan di rumah-rumah dan bisnis adalah server, workstation, desktop, laptop dan perangkat portable lainnya.

2.2 Servers, Desktops and Workstations

Server adalah komputer kinerja tinggi yang digunakan dalam bisnis dan organisasi lainnya. Server memberikan layanan kepada banyak pengguna akhir atau klien. 

Hardware server dioptimalkan untuk waktu respon cepat untuk permintaan beberapa jaringan. Server memiliki Unit Pengolahan beberapa Tengah (CPU), sejumlah besar Random Access Memory (RAM) dan beberapa hard disk kapasitas tinggi yang menyediakan pencarian informasi sangat cepat.

Karena server biasanya digunakan sebagai titik penyimpanan dan bukan hari-hari pengguna akhir perangkat, tidak mungkin memiliki monitor atau keyboard, atau dapat berbagi monitor dan keyboard dengan perangkat lain.

Layanan umum ditemukan di server meliputi penyimpanan file, penyimpanan email, halaman web, print sharing dan lain-lain.


Desktops mendukung banyak pilihan dan kemampuan. Berbagai macam kasus, pasokan listrik, hard drive, kartu video, monitor dan komponen lain yang tersedia. Desktop dapat memiliki jenis koneksi yang berbeda, pilihan video, dan berbagai macam peripheral didukung.

Desktops biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti pengolah kata, spreadsheet dan aplikasi jaringan seperti email dan browsing web.

Ada lagi jenis komputer yang mungkin terlihat mirip dengan desktop, tetapi jauh lebih kuat
 

Workstation adalah komputer bertenaga tinggi bisnis. Mereka dirancang untuk khusus, high-end aplikasi seperti program rekayasa seperti CAD (Computer Aided Design). Workstation digunakan dalam 3-D grafis desain, video animasi dan simulasi virtual reality. Mereka juga dapat digunakan sebagai stasiun manajemen untuk telekomunikasi atau peralatan medis. Seperti server, workstation biasanya memiliki beberapa CPU, RAM dalam jumlah besar dan beberapa, disk drive berkapasitas tinggi yang sangat cepat. Workstation biasanya memiliki sangat kuat kemampuan grafis dan monitor besar atau beberapa monitor.

Server, desktop dan workstation
yang semuanya dirancang sebagai perangkat stasioner. Mereka tidak portabel, seperti laptop.
 

 

2.3 Portabel Devices

Selain berbagai jenis komputer stasioner, ada banyak perangkat elektronik portabel yang tersedia.
Perangkat
portabel bervariasi dalam ukuran kemampuan, kekuatan dan grafis dan meliputi:

     Laptop atau notebook PC
     Tablet PC
     Pocket PC
     Personal Digital Assistant (PDA)
     perangkat game
     ponsel

 

3 Binary Representation of Data
3.1 Representing Information Digitally

Dalam komputer, informasi diwakili dan disimpan dalam format biner digital. Bit istilah adalah singkatan dari biner digit dan merupakan bagian terkecil dari data.

Komputer menggunakan kode biner untuk mewakili dan menafsirkan huruf, angka dan karakter khusus dengan bit. Sebuah kode yang umum digunakan adalah American Standard Kode untuk Informasi Interchange (ASCII). Dengan ASCII, setiap karakter diwakili oleh serangkaian bit. Sebagai contoh:

Modal huruf: A = 01000001

Nomor: 9 = 00.111.001

Karakter khusus: # 00100011 =

Setiap kelompok dari delapan bit, seperti representasi dari huruf dan angka, dikenal sebagai byte.

3.2 Measuring Data Storage Capacity
Sementara sedikit adalah representasi terkecil dari data, unit paling dasar dari penyimpanan digital adalah byte. Byte adalah 8 bit dan merupakan unit terkecil dari ukuran (UOM) digunakan untuk mewakili kapasitas penyimpanan data.

Secara umum, ketika sesuatu diwakili digital, semakin besar detail, semakin besar jumlah bit yang diperlukan untuk mewakilinya. Sebuah resolusi rendah gambar dari kamera digital akan menggunakan sekitar 360KB, dan gambar resolusi tinggi bisa menggunakan 2 MB atau lebih.

 3.3 Measuring Speed, Resolution and Frequency

Salah satu keuntungan dari informasi digital adalah bahwa hal itu dapat dikirim melalui jarak jauh tanpa kualitas menjadi rusak. Modem digunakan untuk mengkonversi informasi biner menjadi bentuk yang sesuai untuk transmisi melalui medium.

Media yang umum digunakan adalah:
~Kabel, yang menggunakan pulsa listrik melalui kabel tembaga
~Fiber optik, yang menggunakan pulsa cahaya melalui serat yang terbuat dari kaca atau plastik~Wireless, yang menggunakan pulsa daya rendah gelombang radio

4 Computer Components and Peripherals

4.1 Computer System

a. Preassembled Computer keuntungan:
 ~lebih rendah biaya
 ~Memadai untuk melakukan sebagian besar aplikasi
 ~Tidak ada masa tunggu untuk perakitan
 ~Biasanya digunakan oleh konsumen yang berpengetahuan kurang yang tidak memerlukan kebutuhan
   khusus


kekurangan:
Sering kekurangan tingkat kinerja yang dapat diperoleh dari komputer dibangun kustom
 

 

b. Custom Built Computer 

keuntungan:
Akhir
-pengguna dapat menentukan komponen yang tepat yang memenuhi kebutuhan pengguna
Umumnya mendukung aplikasi kinerja yang lebih tinggi seperti grafik, game, dan aplikasi server

kekurangan:
Umumnya lebih mahal daripada perangkat preassembled menunggu waktu untuk perakitan
 

4.2 Motherboard, CPU, and RAM

Motherboard adalah papan sirkuit besar digunakan untuk menghubungkan elektronik dan sirkuit yang diperlukan yang terdiri dari sistem komputer.  

Motherboard mengandung konektor yang memungkinkan komponen sistem utama seperti CPU dan RAM juga dapat berisi slot konektor untuk kartu jaringan, video dan suara. 

Ketika memilih motherboard itu harus:

   -  Mendukung jenis CPU yang dipilih dan kecepatan
   -  Mendukung jumlah dan jenis RAM sistem yang diperlukan oleh aplikasi
   -  Memiliki slot yang memadai dari jenis yang tepat untuk menerima semua kartu antarmuka yang
   -  dibutuhkan

   -  Memiliki antarmuka yang cukup dari jenis yang tepat
 

Central Processing Unit (CPU) atau prosesor, adalah pusat saraf dari sistem komputer. Ini merupakan komponen yang memproses semua data di dalam mesin. Jenis CPU harus menjadi keputusan pertama yang dibuat ketika membangun atau memperbarui suatu sistem komputer.

Faktor-faktor penting ketika memilih CPU adalah kecepatan prosesor dan kecepatan bus.

Kecepatan prosesor mengukur seberapa cepat informasi CPU siklus. Hal ini umumnya diukur dalam MHz atau GHz. Semakin tinggi kecepatan semakin cepat kinerja. 

Bus Speed atau CPU transfer data antara berbagai jenis memori pada board sistem selama operasi. Jalur untuk pergerakan data disebut bus. Secara umum, semakin cepat bus, semakin cepat komputer akan.

Ketika memilih CPU, perlu diingat bahwa aplikasi terus berkembang

RAM adalah jenis penyimpanan data yang digunakan dalam komputer. Hal ini digunakan untuk menyimpan program dan data sementara sedang diproses oleh CPU.jumlah RAM adalah faktor yang paling penting dalam kinerja komputer.Setiap sistem operasi membutuhkan jumlah minimal RAM agar OS berfungsi. Sebagian besar komputer mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, atau multi-tasking.

 

4.3 Adapter Cards
Kartu adapter menambahkan fungsionalitas ke sistem komputer. Mereka dirancang untuk dipasang ke konektor atau slot pada motherboard dan menjadi bagian dari sistem.

Beberapa kartu adapter lebih umum meliputi:

   Video cards
    Sound cards
    Network interface cards
    Modems
    Interface cards
    Controller cards

4.4 Storage Devices
Ketika data akan dihapus dari komputer, data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Program dan data pengguna harus disimpan dalam bentuk yang tidak akan hilang ketika data akan dihapus. Hal ini dikenal sebagai non-volatile storage.

Banyak jenis non-volatile penyimpanan yang tersedia untuk sistem komputer termasuk:
Read only: CD, DVD
Write once: CD-R, DVD-R
Write many: CD-RW, DVD-RW

Magnetic Storage

Perangkat penyimpanan magnetik adalah bentuk paling umum ditemukan di komputer. Ini menyimpan perangkat informasi dalam bentuk medan magnet. Mereka meliputi:

Hard disk drives
Floppy drives


4.5 Peripheral Devices

 Peripheral Devices adalah perangkat yang ditambahkan ke komputer untuk memperluas kemampuan. Perangkat ini adalah opsional di alam dan tidak diperlukan untuk fungsi dasar komputer. Sebaliknya mereka digunakan untuk meningkatkan kegunaan dari mesin.

Perangkat periferal dapat masuk ke dalam salah satu dari empat kategori: input, output, penyimpanan atau jaringan perangkat. Contoh beberapa peripheral umum termasuk:

  • Input devices - trackball, joystick, scanner, digital camera, digitizer, barcode reader, microphone
  • Output devices - printer, plotter, speakers, headphones
  • Storage devices - secondary hard drive, external CD/DVD devices, flash drives
  • Networking - external modems, external NIC

4.6 Cases and Power Supplies

Setelah semua komponen internal dan koneksi ditentukan, kesing ini adalah pertimbangan berikutnya.

Kesing dan power supply biasanya dijual bersama-sama sebagai satu unit. Catu daya harus cukup untuk menyalakan sistem dan semua perangkat yang ditambahkan ke dalamnya di masa depan.

 Surge Suppressor (Stabilizer)

Sebuah penekan lonjakan dirancang untuk menghilangkan lonjakan tegangan dan gelombang dari saluran listrik dan mencegah mereka dari merusak sistem komputer. Mereka relatif murah dan mudah untuk menginstal.

Uninterruptible Power Supplies
 

Sebuah UPS adalah perangkat yang terus memantau kekuatan untuk sebuah sistem komputer dan memelihara muatan pada baterai internal. Jika daya terganggu, UPS menyediakan daya cadangan untuk sistem tanpa gangguan. Kekuatan cadangan berasal dari baterai dalam UPS dan hanya dapat daya sistem komputer untuk jangka waktu yang singkat.

 

5 Computer System Components

5.1 Safety and Best Practices
Komputer adalah kumpulan komponen yang sangat kompleks dan periferal, semua bekerja sama untuk menyelesaikan tugas. Kadang-kadang salah satu komponen gagal, atau perlu ditingkatkan untuk meningkatkan fungsi dari sistem.

Ketika bekerja di dalam komputer, adalah penting untuk menjaga tindakan pencegahan kerusakan pada komponen sistem serta membahayakan teknisi.Pakailah pelindung mata yang tepat untuk mencegah akumulasi debu, sekrup kecil, dan komponen dari menyebabkan kerusakan pada mata. Selain itu, saat membuka kasus komputer, menyadari ada tepi tajam yang harus dihindari.

Pasokan listrik dan monitor beroperasi pada tegangan tinggi yang berbahaya dan hanya boleh dibuka oleh individu dengan pelatihan khusus.
 

5.2 Installing Components and Verifying Operation

Prosedur berikut berlaku untuk komponen sistem yang paling.

1. Tentukan jika komponen komputer hot-swappable. Jika tidak, atau jika ragu-ragu, cabut unit sistem sebelum membuka kesing.

2. Pasang tali grounding dari tubuh Anda ke kerangka sistem, atau chassis, untuk mencegah kerusakan yang mungkin disebabkan oleh ESD.

3. Jika mengganti komponen, menghapus komponen tua. Komponen sering diadakan ke dalam sistem dengan sekrup kecil atau klip. Saat melepas sekrup tidak membiarkan mereka jatuh pada sistem motherboard. Juga, berhati-hatilah untuk tidak memecahkan klip plastik.

4. Periksa jenis koneksi pada komponen baru. Setiap kartu dirancang untuk bekerja hanya dengan jenis tertentu dari konektor dan tidak boleh dipaksa saat memasukkan atau mengeluarkannya.

5. Tempatkan komponen baru di slot sambungan yang benar, dengan orientasi yang benar, dengan hati-hati mengikuti petunjuk instalasi semua yang mungkin telah disertai komponen.
Ikuti tindakan pencegahan selama proses berlangsung.
  

5.3 Installing Peripherals and Verifying Operation

Perangkat periferal
, tidak seperti komponen internal, tidak memerlukan kasus komputer untuk dibuka untuk instalasi. Peripheral terhubung ke sebuah antarmuka di luar kasus dengan link kabel atau nirkabel. Peripheral historis yang dirancang untuk berfungsi ketika terhubung ke jenis tertentu
 

 Instalasi perangkat periferal memerlukan beberapa langkah. Urutan dan detail dari langkah-langkah bervariasi tergantung pada jenis koneksi fisik dan apakah atau tidak perifer adalah Plug-and-Play (PnP) perangkat. Langkah-langkah meliputi:

- Hubungkan perangkat ke host menggunakan kabel yang sesuai atau koneksi nirkabel- Sambungkan perangkat ke sumber listrik
- Instal driver yang sesuai

Beberapa perangkat periferal tua, perangkat warisan disebut, tidak PnP diaktifkan. Untuk ini, instalasi driver terjadi setelah perangkat telah terhubung ke komputer dan bertenaga.

Untuk PnP perangkat USB diaktifkan, driver diinstal pada sistem. Dalam hal ini, apabila perangkat PnP terhubung dan dihidupkan, sistem operasi mengenali perangkat dan menginstal driver yang sesuai.

Instalasi driver usang atau salah dapat menyebabkan perangkat periferal untuk berperilaku tak terduga.
Untuk alasan ini, perlu untuk menginstal driver terbaru yang tersedia.

 


 



 

  

 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar